RSS

Kelebihan OpenSource

12 Apr

OpenSource bila dijabarkan ke dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai “kode terbuka”. Maksud dari kalimat ini adalah tersedianya kode pemrograman sebuah aplikasi atau program sehingga pengguna dapat mengembangkan atau memberikan andil dalam memperbaiki kelemahan program sebelumnya.

Dalam pembahasan kali ini saya tidak membahas secara detail mengenai OpenSource, namun lebih pada apa kelebihan program OpenSource dibandikan dengan program yang tidak OpenSource. Berikut uraian yang kiranya dapat dijadikan tambahan pengetahuan :

  • Ketersediaan Source Code

Artinya pihak manapun baik perorangan atau lembaga dapat mengembangkan aplikasi yang telah ada dengan mematuhi lisensi yang berlaku dari pengembang awal. Mengembangkan artinya dapat merubah, menambah, mengurangi atau tindakan lain yang bersifat ingin memperbaiki atau menyempurnakan program yang telah ada berdasarkan penemuan bug atau error atau layanan tertentu dari program yang bersangkutan yang tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna.

  • Berjalan Pada Banyak Platform

Artinya program yang berbentuk OpenSource dapat berjalan di semua Sistem Operasi. Tidak memiliki spesifikasi khusus untuk menjalankan program tersebut. Sebagai contoh saat ini banyak sekali macam dan jenis dari Sistem Operasi diantaranya : Windows, Macintosh, Linux, UNIX, BSD dan lain-lain. Aplikasi/Program OpenSource dapat berjalan di semua Sistem Operasi tersebut.

  • Maksimalnya Pemanfaatan SDM

Yang saya maksud adalah dalam pengembangan program berbasis OpenSource memerlukan banyak tenaga ahli dalam bidang yang bersangkutan. Hal ini karena merujuk pada kalimat OpenSource yang dapat dikembangkan oleh siapapun baik perorangan maupun kelompok.

Dengan memanfaatkan banyak SDM dan memerlukan biaya yang minim adalah salah satu bentuk keuntungan dari pengembangan sebuah program.

  • Kontrol Kualitas

Semakin banyak SDM yang meneliti dan mengembangkan suatu program, maka dimungkinkan semakin baiknya sebuah aplikasi/program yang dimaksud. Hal ini tentu saja bisa terjadi,pasalnya ketelitian dari sekelompok pengembang akan lebih teliti lagi kalau banyak pengembang.

  • Jaminan Masa Program

Artinya, program yang bersangkutan tidak akan mengalami masa kejayaan yang hilang. Maksud dari masa kejayaan adalah masa dimana program tersebut sangat diperlukan dan pada akhirnya ditinggalkan karena sudah tidak sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini sangat berbeda bila sebuah program dikembangkan di bawah lembaga berbayar, yang mana setiap ada pengembangan maka ada biaya yang harus dikorbankan.

 
Leave a comment

Posted by on April 12, 2011 in Teknologi

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: